Kemasan Makanan Yang Baik Digunakan


Kemasan Makanan Yang Baik Digunakan


Kemasan Makanan Yang Baik Digunakan – Ketika seseorang membeli makanan, hal yang dipikirkan terfokus pada rasa dan bahan yang digunakan untuk membuat makanan tersebut. Padahal kemasan makanan juga dapat berpengaruh terhadap baik atau tidaknya anda konsumsi. Karena tidak semua kemasan baik untuk digunakan sebagai pembungkus atau wadah makanan.

Kemasan food grade saat ini menjadi incaran para pebisnis makanan. Semua kemasan memang digunakan untuk membungkus, tapi untuk masalah membungkus makanan perlu menjadi perhatian khusus. Lalu bagaimana caranya mengetahui kemasan yang baik untuk digunakan pada makanan?

Kemasan Makanan Yang Baik Digunakan

Kemasan makanan yang cocok untuk digunakan sebagai pembungkus makanan yaitu material bahan pembungkus yang sudah memiliki standarisasi kelayakan seperti adanya sertifikat food grade pada perusahaan tersebut.

Kemasan Makanan Yang Baik Digunakan

Kemasan makanan kertas atau dikenal dengan paper bag makanan adalah salah satu pembungkus yang baik untuk digunakan, selama proses pembuatan kemasan tersebut tidak menggunakan bahan kertas daur ulang dan tidak dilapisi dengan bahan plastik.

Perlu anda ketahui bahayanya menggunakan kertas daur ulang sebagai kemasan makanan. Meskipun saat ini sudah banyak orang yang mengubah gaya hidup sehat dengan berolahraga rutin, ternyata itu saja tidak cukup. Anda perlu mejaga dalam memilih makanan yang sehat dan tidak mengandung zat kimia.

Kemasan makanan kertas sekarang ini sedang popular di Indonesia. Tapi sangat disayangkan masih banyak kemasan kertas yang belum layak dijadikan kemasan makanan. Mengapa demikian? Hal tersebut dapat anda cermati di beberapa pedagang gorengan yang memanfaatkan kertas Koran atau majalah sebagai pembungkus makanannya. Padahal kertas tersebut yang berisi tinta cetak mengandung bahan berbahaya jika bersentuhan langsung dengan makanan. Apalagi kalau makanan dalam kondisi panas.

Kertas daur ulang atau kertas recycle dalam riset yang dilakukan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), bahwa jumlah bakteri yang terkandung dalam kertas tersebut sekitar 1,5 juta koloni per gram, sedangkan rata – rata orang menggunakan pembungkus kertas umumnya memiliki berat 70 hingga 100 gram/lembar. Artinya ada sebanyak 105 – 150 juta bakteri yang terdapat dalam satu lembar kertas reycle.

Sedangkan kemasan makanan kertas yang menggunakan kertas daur ulang sangat berbahaya bagi tubuh. Memicu berbagai macam penyakit seperti kanker, kerusakan hati, kelenjar getah bening, menggangu sistem endokrin, gangguang reproduksi, meningkatkan risiko asama, dan yang lebih berbahaya adalah mutasi gen.

Untuk itu anda harus cermat dalam memilih kemasan makanan kertas. Anda gunakan kemasan yang memiliki label food grade dengan ciri – ciri sebagai berikut:
  1. Tampilan warna dominan putih bersih
  2. Tidak ada bintik – bintik seperti bekas tinta
  3. Tidak tembus minyak
  4. Mudah terurai jadi sangat ramah lingkungan

Nah, dengan begitu masyarakat akan aman menggunakan kertas untuk pengemasan makanan. Bagi anda para pebisnis makanan harus lebih memikirkan dampak yang ditimbulkan bagi para konsumen anda. Gunakan kemasan makanan kertas yang berlebel food grade. Perusahaan yang sehat adalah perusahaan yang dapat  menguntungkan bukan hanya usaha anda, tapi juga menguntungkan seluruh masyarakat.

Bagi anda para pengusaha atau pebisnis makanan. Anda dapat menggunakan atau memesan paper bag makanan kepada salah satu produsen paper bag makanan yang sudah memiliki sertifikat food grade seperti “Temapack”. Berlokasi di wilayah tangerang. Perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 2003. Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah dengan memesan dalam jumlah banyak. Karena Temapack adalah produsen langsung yang memproduksi paper bag makanan.

Comments