Perhatikan Kemasan Pada Makanan



Perhatikan kemasan pada makanan – Makanan itu memiliki kemasan yang berbeda-beda disesuaikan dengan isi dari kemasannya itu. Tidak mungkin kan isi nya berat menggunakan bahan yang ringan, bahan basah menggunakan bahan yang mudah menyerap basah, atau berapa contoh lainnya. Perusahaan makanan pasti akan lebih memperhatikan hal tersebut.
Kemasan makanan yang baik digunakan dan juga baik untuk lingkungan sekitar. Banyak orang yang membuat rumah makan sekarang ini dengan sistem online misalnya bisa diantar karena rumahnya terlalu jauh atau kosumen tidak mau makan ditempat karena ramai, maka dibutuhkan kemasan yang bagus.

Perhatikan Kemasan Pada Makanan

Tidak jarang orang saat ini banyak membuka usaha take away atau dibungkus. Pasti akan ada kekurangannya misalnya karena posisi rumah dan tempat makan terlalu jauh atau kondisi yang mengakibatkan kita lama untuk sampai rumah. Bisa – bisa makanan yang dibungkus tadi sudah dingin atau berantakan karena kita bawanya terburu-buru.
makanan karena jaman sekarang ini semua itu gampang, order terus transfer langsung diantar atau bisa bayar ditempat saat makanan sampai tujuan. Dari sistem makanan antar itu sudah pasti akan beresiko dan tidak mungkin sama dengan saat makan ditempat makan tersebut. Misalnya saja kalau kita makan langsung datang ke tempat makannya sudah pasti masih hangat lauknya pun masih hangat, berbeda dengan yang di

Dari resiko yang disebutkan pasti pengusaha makanan itu akan memikirkan matang- matang bagaimana agar makanan yang mereka bungkus itu masih tetap dengan rasa dan kondisi yang sama seprti saat makan langsung di rumah makannya. Packaging kemasan makanan itu bervariasi bentuknya. Saat ini yang sering digunakan itu kemasan dengan bahan dasar kertas. Kertas itu pun banyak macamnya.

Jenis – jenis, Kelebihan, dan Kekurangan Kemasan.

Kemasan makanan itu menjadi pertimbangan banyak pengusaha makanan. Dilihat dari bahannya dan bentuknya yang menarik sekarang ini bahkan ada kemasan yang berbahan dasar alami dan bisa untuk dikonsumsi. 
Adapun jenisnya yaitu :
  • -          Bahan plastik

Kelebihannya ringan, tahan air, kedap udara.
Kekurangannya sukar didaur ulang jadi tidak ramah lingkungan, mengandung bahan kimia.
  • -          Bahan kertas

Kelebihannya ringan, ramah lingkungan, murah, mudah diproduksi.
Kekurangannya mudah rusak, tidak tahan air terlalu banyak tergantung jenis kertasnya.
  • -          Bahan kayu

Kelebihannya tidak mudah rusak atau awet, ramah lingkungan.
Kekurangannya terlalu berat jadi jarang dipakai dan agak mahal

Yang seperti dijelaskan diatas sebelumnya bahwa ada jenis kemasan yang bisa dikonsumsi langsung sekaligus, namanya edible packaging. Edible packaging ini alternatif lain dari penggunaan plastik karna ramah lingkungan. Kemasan ini yang nantinya akan diperkenalkan kepada dunia.

Edibel packaging ini terbagi menjadi dua yaitu yang pertama berguna sebagai bahan pelapis (edible coating) dan juga memiliki bentuk lembaran (edible film). Inovasi edibel packaging sebagai salah satu jenis kemasan makanan ramah lingkungan ini memang masih sangat baru, sehingga penggunaannya masih sangat jarang.

Keunggulan edible packaging

Meskipun masih jarang digunakan oleh banyak orang justru ini memiliki banyak keunggulan dan dapat meminimalisir ketidakramahan lingkungan karna bahan yang sulit didaur ulang seperti pastik cotohnya.
  • -     Praktis dipakai dan bisa langsung habis tanpa perlu dibuang jadi tidak perlu ada proses daur ulang.
  • -        Mengurangi penggunaan plastik (ini sudah berjalan dimanapun toserba mengurangi penggunan plastik karena ini bahan yang sulit untuk terurai sampai berpuluh tahunpun akan tetap bentuk yang sama yaitu plastik).
  • -   Bentuknya yang unik bisa membuat orang lebih tertarik untuk memilih makanan dengan packaging tersebut.

Tapi edible ini masih dalam proses peninjauan dan uji coba belum di jual belikan secara komersil. Untuk itu kita harus lebih memperhatikan lingkungan dengan kemasan makanan yang baik digunakan untuk makanan dan lingkungannya juga ya. Jangan hanya memikirkan murah dan untung yang besar tapi sedikit perhatikan dan peduli dengan orang lain dan lingkungan.

Comments